Pages

Jumat, 25 Maret 2011

Sejarah BATAK



Kali ini ane coba menjelaskan beberapa tentang sejarah Batak, suku ane sendiri.... :))

Batak adalah salah satu suku bangsa di Indonesia. Suku batak ada beberapa bagian yang biasanya disebut sub-suku(maap kalo salah ^_^ ), yaitu Karo, Pakpak, Toba, Simalungun, Mandailing, dan Angkola. Dan saya sendiri Batak Toba!! :D
Ada beberapa versi berbeda yang menjelaskan tentang sejarah Batak(dan ane ga tau mana yang benar,hahay :D), salah satunya ada yang mengatakan si Raja Batak dan rombongannya datang dari Thailand, terus ke semenanjung Malaysia lalu menyebrang ke Sumatera dan menghuni Sianjur Mula Mula, lebih kurang 8 Km arah Pangururan, pinggiran Danau Toba sekarang. Dan versi lain mengatakan, dari India melalui Barus atau dari Alas Gayo berkelana ke Selatan hingga bermukin di pinggir Danau Toba. Diperkirakan si Raja Batak hidup sekitar tahun 1200(awal abad ke-13). Raja Sisingamangaraja XII salah satu keturunan si Raja Batak yang merupakan generasi ke-19(wafat 1907). Batu bertulis (prasasti) di portibi bertahun 1208 yang dibaca Prof. Nilakantisasri (Guru Besar Purbakala dari Madras, India) menjelaskan bahwa tahun 1024 Kerajaan COLA dari India menyerang Sriwijaya yang menyebabkan bermukimnya 1.500 orang TAMIL di Barus. Pada tahun 1275 Majapahit menyerang Sriwijaya, hingga menguasai daerah Pane, Haru, Padang Lawas. Sekitar tahun 1400 Kerajaan Nakur berkuasa di sebelah timur Danau Toba, Tanah Karo dan sebagian Aceh.

Sumber : http://habatakon01.blogspot.com

1 komentar:

  1. sepertinya foto Rumah adatny foto saya tu,..
    klupun mau diambil tolong dibuat sumbernya..
    mauliate

    BalasHapus